Jumat, 18 Mei 2012

Mayarizka Chandra (Runner Up III Putri Pariwisata Jambi 2011). by hasnan habib

Saya mendapat tugas dari kantor saya Televisi Republik Indonesia (TVRI JAMBI) untuk meliput salah satu industri kecil yang berada di kabupaten Tanjung Jabung Barat Propinsi Jambi. Crew TVRI sepakat untuk meliput industri Kopi Luwak. Agar menghasilkan liputan yang baik saya berinisiatif saat OnScreen berAdegan menyicipi kopi luwak itu secara nyata. Tetapi saya berfikir kembali untuk melakukan adegan itu dan saya merasa mual, mengapa tidak? Saya memikirkan kopi luwak itu dproses dari kotoran luwak (musang), dan saya juga blm pernah minum kopi hitam. Setibanya kami di industri tungkal luwak coffee kami disuguhi kopi luwak yang hangat, saya mecoba mencicipinya sedikit, satu kalimat yang terlontar dari mulut saya “hmmmmm nikmaaaaaaaaaaaat”. Serta tercium aroma sedap ciri khas kopi luwak dan saya pun ketagihan untuk menghabiskan kopi luwak itu segera. “waaah benar-benar enak sekali rasa kopi luwak, memberikan rasa yang berbeda dari kopi yang lain” kata Jefri Cameraman TVRI. Sampai-sampai kami lupa dengan tujuan kami datang kesana untuk meliput cara pembuatan tungkal luwak coffee Ayo pembaca segera mencicipi TUNGKAL LUWAK COFFEE (TLC) yang berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Bisa dijadikan oleh-oleh apabila berkunjung ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat Propinsi Jambi. Direncakan oleh pemerintah setempat Tungkal Luwak Coffee akan dipromosikan sampai kemancanegara kota Denhaag Belanda. Yang dimaksud kopi luwak yaitu buah kopi matang pohon yang dimakan oleh luwak (sejenis musang), kemudian dikeluarkan sebagai kotoran luwak tetapi biji-biji kopi tersebut tidak tercerna sehingga bentuknya masih dalam bentuk biji kopi. Jadi di dalam perut musang biji kopi mengalami proses fermentasi dan dikeluarkan lagi dalam bentuk biji bersama dengan kotoran Luwak. Selanjutnya biji kopi luwak dibersihkan dan diproses seperti kopi biasa. Adapun manfaat dari kopi luwak itu adalah : mencegah penyakit saraf • Melindungi gigi • Menurunkan resiko kanker payudara • Melindungi kulit • Mencegah diabetes Created by : Mayarizka Chandra (Runner Up III Putri Pariwisata Jambi 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar